10 Tips Merawat Laptop

Di jaman sekarang ini penggunaan Notebook atau yang lebih sering disebut Laptop bukan dalam trafficyang biasa-biasa saja. Tetapi penggunaannya sudah mencapai taraf yang ‘sangat dibutuhkan‘. Ini membuat jumlah pemilik gadget ini bertambah jumlahnya di Indonesia. Maka dari itu perawatan gadget ini menjadi sangat penting diperhatikan. Ada 10 langkah yang dapat dipraktikkan oleh pengguna gadget ini dalam merawatnya, yaitu:
  

Merawat Laptop diwoco.com
  1. Tempatkan Notebook ditempat yang rata/datar agar lubang ventilasi yang berada dibagian bawah tidak tertutup. Pastikan juga kestabilan tempat kita meletakkan Notebook agar getaran ataupun goyangan tidak merusak Harddisk,Optic DriveSocket-socket, maupun komponen-komponen elektronik lainnya.
  2. Pastikan kondisi battery Notebook mempunyai daya yang cukup untuk melakukan booting sampai menjalankanOperating System (OS). Kekurangan daya battery dalam menyebabkan gagal booting dan menyebabkan kerusakanHarddisk permanen. Jadi sebaiknya bila ragu akan dayabattery Notebook anda, sebaiknya gunakanlah adaptorNotebook, baru hidupkan Notebook anda.
  3. Pastikan stop kontak adaptor terpasang dengan tepat pada sumber listrk sehingga tidak terjadi percikan bunga api yang menyebabkan proses charge menjadi putus nyambung dan umur battery menjadi lebih pendek.
  4. Indikator battery menjadi salah satu yang harus diperhatikan oleh para pengguna Notebook. Bila indikator menunjukkan lebih kecil dari 80% maka sebaiknya batterydigunakan sampai habis baru di charge, sedangkan bila lebih besar dari 80%, adaptor dapat digunakan bersamaan tanpa takut overcharge.
  5. Jangan menggunakan adaptor dengan battery dilepas. Rumor yang selama ini digembar-gemborkan ternyata mempunyai efek samping bila tiba-tiba ‘mati lampu’ atau pemutusan aliran listrik oleh PLN. Maka efeknya akan berdampak pada Harddisk yang dapat rusak permanen.
  6. Bila akan membawa Notebook didalam tas atau case, sebaiknya dalam keadaan hibernate ataupun shutdown. Dikhawatirkan bila dalam keadaan stand-byNotebooktiba-tiba dapat hidup dan menyebabkan overheat karena berada ditempat yang tertutup.
  7. Jangan meletakkan Notebook dengan barang-barang yang lain sehingga menghimpit Notebook tersebut, sehingga ditakutkan LCD dari Notebook tersebut retak/pecah.
  8. Screen Protector sangat berperan penting dalam melindungi LCD agar tidak mudah tergores. Keyboard Protector juga berperan dalam melindungi tuts keyboard dari kerusakan. Selain itu Cooling Pad dapat digunakan bila Notebook digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  9. Jangan meletakkan Handphone dekat dengan Notebook. Radiasi yang dihasilkan Handphone dalam menerima SMS atau panggilan dapat merusak chip yang ada dalamNotebook.
  10. Update Antivirus secara berkala agar Notebook terhindar dari spywarespammalware dll.
Sekian 10 langkah dalam merawat Notebook anda. Semoga dapat membantu anda dalam merawat gadget kesayangan anda ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *