Cara Membuat Mesin Penetas Telur

Cara Membuat Mesin Penetas Telur diwoco.comKali ini saya Cara MembuatMesin Penetas Telur, kebetulan saya disini juga  sering menetaskan telur , dan mungkin apa yang saya sampaikan ini bisa membantu agan buat dijadikan sebagai salah satu usaha sampingan gan. Karna melihat dari daya konsusmsi masyarakat kita ini tinggi terutama untuk ayam Kampung, DOC nya aja udah   mahal kalo kita jual, dan sama Bebek gan DOD nya juga mahal tu, biaa di jadikan peluang bisnis.
akan membagikan artikel tentang

Alat penetas telur yang bakal kita buat ini masi kapasitas kecil bri bisa nampung sekita 100 butirtelur Ayam, jika menginginkan kapasitas yang lebih Besar bisa di modifikasi sendiri ya bro disesuaikan perbandingannya aja. Oke kita langsung aja ya kebahasan kita.

Baha – Bahan yang di butuh kan.
  1. Papan Paywood/ Papan lapis,  triplek juga bisa sih.
  2. Kayu Reng
  3. Paku.
  4. Lem Kayu.
  5. Ram -raman Kawat rapat
  6. Kabel
  7. Fitingan Lampu 4 Pcs
  8. Kaca atau mika
  9. Engsel 4 Pcs

Ikuti Cara Membuatnya :

1.  Pertama Kita buat kerangkanya dulu gan, kita bakal buta BOX kotak Persegi dengan Ukuran = P 50cm x L 50cm x T 50cm.
2.  Jika kerangka sudah jadi, kita potong Papan playwood tadi sesuai ukuran untuk dipasangkan ke Rangka yang sudah kita sediakan tadi gan. Kita tutup bagian atas, samping kanan – kiri dan belakang dengan playwood, jika sudah di setiap sudut-ya kita gunakan lem kayu untuk merekatkan agar tidak ada celah untuk udara keluar.

Cara Membuat Mesin Penetas Telur3. Pasangkan empat buah fitingan lampu dibagian atas Box penetasan secara seri, dan juga pasangkan dudukkan sensor suhu beserta saklar lampunya.

dibagian atas juga bisa kita beri lubang yang bisa dibuka tutup dengan ukuran 2 x 3 cm. ini berguna untuk sirkulasi Oxigen ketika telur sudah menetas dan anak ayam atau bebek yang didalamnya belum dapat di keluarkan, jadi biar tidak pengap dan tidak kekurangan oxigen kita bisa buka atau tutup lubang ini sesuai kebutuhan.

4.Buat Nampan tempat telurnya yang dapat di keluar masukan kedalam box, dan buat juga dudukan penyangga untuk didalam box penetasnya.

Baca juga : Cara Menetaskan Telur Ayam Dengan Mesin Penetas

5. Buat pintu, disini kita bisa membuat 2 pintu, yaitu untuk bagian atas dan bagian bawah. bagian atas kita pergunakan untuk menjangkau telur – telur yang sedang di tetaskan, dan yang bagian bawah kita gunakan untuk menambah, mengurangi atau mengganti air yang dipergunakan untuk menjaga kelembaban tanpa menggangu telur – telur di atasnya. pintu bagian atas sebaiknya kita pergunakan kaca atau mika untuk memudahkan memonitor suhu termometer yang kita gantung di dalam box dan juga dalam memonitor perkembangan telur – telur yang sedang kita tetaskan.

Namun untuk mempermudah dalam Pelaksanaanya, Pintu dapat dibuat Besar Saja jadi bisa Mengakses, Telur Sekaligus Tempat Nampan Air, dan tentunya lebih Mudah dalam Pembuatanya.6. Lem Sudut-sudut serta sambungan antar Papan dengan Lem Kayu untuk menutup lubang – lubang kecil. untuk menghindari keluarnya suhu panas, yang dapat menghambat Proses Penetasan Telur, setelah itu bisa juga di Cat agar lebih menarik dan Apik.

Baca juga : Cara Baik Menetaskan Telur Bebek

Demikian uraian dari Cara Membuat Alat Penetas Telur setelah jadi kita bisa mencoba menghidupkan lampu ( bola lampu 5 watt yang pijar ya, 4 pcs) untuk mengetes pencapaian suhu 100 – 102 Drajat F, sekalian kalibrasi sensor suhunya jika diatas suhu lampu akan mati.

Jika didapati suhu tidak tercapai biasanya disudut – sudut papan ada celah udara keluar, kita bisa pergunakan lemkayu untuk memastikan agar Box Penetas Telur tidak ada rembasan udara. semoga bisa mem-bantu agan semua ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *