Cara Membuat Ayam Kampung Bertelur Terus

Pada kesempatan kali ini saya akan membagian tips Cara Membuat Ayam Kampung Bertelur Terus, karna Ayam Kampung sekarang bayak permintaan tapi sulit untuk kita buat supaya nelor tiap hari kayak ayam Petelor kan gan.
Cara Membuat Ayam Kampung Bertelur Terus diwoco.com

Cara dibawah ini pengalaman pribadi, waktu itu ane punya ayam Betina 6 ekor terus 1 Jago, kalo emang niat buat ngembang biyakin dengan cepet dengan sekala rumahan cara ini bisa di coba. yang perlu di lakukan antara lain sebagai berikut,

1.  Kita pilih Indukan yang bagus, ciri-ciri indukan yang bagus bisa dilihat dari postur Badan Tegap besar dan montok, Hal ini penting karna akan mempengaruhi Telur yang dihasilkan dan anak ayam yang bakal Menetas ke dunia, kalo indukanya kecil, nantinya Telur dan Anaknya bakalan kecil dan lama Pertumbuhanya, kan sayang pakan kalo gedenya lama.
 
2.  Pilih Juga Pejantanya gan yang tegap dan Maco, ini juga sangat berpengaruh terhadap keturunan yang bakal di hasilkan, kalo bisa untuk pejantan kita beli yang super, yang mahal, Gak bakal rugi karna Pejantan yang bagus itu penting banget dalam Membuahi Betina setiap harinya (Betina Lebih dari satu Pejantan Harus Super)
 
3.  Buatkan kandang tempat Bertelur, kita bisa buat kotak 3 – 6 kotak untuk Indukan yang nantinya bakal bertelur, kondisikan diberi tempat yang nyaman dan aman dari predator, seperti Tikus, Kucing, ataupun Hewan lainya.
 
4.  Mandikan Indukan ayam yang mau kita suruh bertelur di pagi hari, caranya di celupin dalem air dengan durasi 3 – 6 detik lah kira-kira. kalo sudah dilepaskan dan diberimakan yang bergizi gan, gak lama tarkan kawin tu ama penjantanya. cara ini cukup dilakukan sekali saja,
 
5.  Ketika sudah ada tanda-tanda ayam  akan bertelur, seperti bunyi kog..kog.. sambil nyari-nyari tempat nelor, kita kurung bareng si Jagonya dan sekalian tempatkan tempat bertelur yang sudah kita siapkan.
ini sambil kita bimbing tu indukan agar tidak sembaranggan nelornya. Kalo udah sekali nelor ditempat itu bakal nelor disitu terus dia gan.
 
6.   Nanti kalo udah mau angrem, tingal agan pilih mau angremin cara manual apa pake mesin Penetas, kalo misal telurnya mau di tetasin pake mesin tetas.
7.  Tapi karna Agar ayam kita produktif, sebaiknya kita tetaskan mengunakan Mesin saja, agar indukanya dapat bertelur lagi dalam waktu tidak sampai semingu .
caranya Ambil semua telornya, ama Indukanya di pagi hari. Terus Indukan tadi kita Mandiin di celupin ke dalam bak selama 3-6 detik. sebanyak 3 kali seperti cara pertama. lalu masukan kedalam kandang dan diberi makan yang bergizi. tungu selama 2-3 hari lalu di lepaskan bareng ama si Jago lagi kan.
 
8. Kalo misalkan netesinya pake indukan, kita tungu sampai netes dulu, sebelum anak ayam turun kandang, langsung kita gunakan cara ke 7 gan. Begitu seterusnya.
 
Itulah Cara Membuat Ayam Kampung Bertelur Terus dan Ayam kita akan menadi banyak dengan cepat dan kita bisa makan daging sehat secara teratur gan, kalo mau di jual ya berati dapet duit kan. …
Tapi semasa bertelur indukan kita harus pastikan kalo ransum yang dimakan oleh si ayam ini bergisi gan biar telur yang dihasilkan itu Besar , dan anak yang dihasilkan juga keturunan super gan.
Sekian ini info dari saya, terimakasih telah menyimak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *