Cara Menggunakan Aplikasi Android GPS Offline BackCountry Navigator

Ketemu lagi bro, kali ini saya bakal bagin Cara Menggunakan Aplikasi Android GPS OfflineBackCountryNavigator BackCountryNavigator yang bisa dipake buat Naik Gunung dan juga ini bisa sanggat berguna saat kita sedang berpetualang di Alam Bebas biar gak Tersesat broo. Kebetulan saya punya hoby naek Gunung juga bro cari – cari aplikasi GPS Android offline ketemu deh ama yang satu ini. Aplikasi in tampilanya Peta Topografi bro, jadi kita harus bisa baca contur lah minimal yang dasar-dasar aja cukup, langsung ajj ya bro kita masuk ke bahasan.
Ada dua Versi unutk aplikasi ini Bro yaitu Versi Gratis (ada iklan) dan Versi Pro harganya Sekitar Rp 168 di play Store. Kalau Sekedar ingin mencoba peforma dari aplikasi ini Versi Free jadi solusinya broo. Tapi Kalo Mobilitas Bro and Sis Tinggi di alam Bebas disaranin Pakai Versi Pro nya deh. Jos kok.

Cara Instal Aplikasi BackCountry Navigator

  1. Langsung aja install dulu aplikasi tu BackCountryNavigasidari Playstoremana aja yang penting dapet broo, Setelah di install Buka aplikasi-nya broo halamannya kayak gambar  dibawah, yang nantinya bakalan muncul, ya intinya halaman selamat datang broo Langsung di centang  trus Klik OK aja broo.BackCountryNavigator
  2. Setalah itu kita bakal suruh milih Lokasi kita berada broo, sesuai Benua, NegaraMana dan jenis Penyedia Peta Topologi Opensource-nya broo. Karna kita tinggal di Indonesia Kita pilihyang East Asia trus Klik yang Worldwide Topo: Open Cycle Map, tar bakal muncul kotak dialog itu langsung kita Klik OK aja broo. Tara,… Muncul lah peta Topologi Indonesia broo.BackCountryNavigator
  3. Kira –kira kayak dibawah ini ya broo halaman Aplikasinya. selanjutnya akan saya jelasinjuga Icon -iconyaBackCountryNavigator

Fungsi Icon – icon di BackCountry Navigator

BackCountryNavigator

No 1. Itu ikon untuk mengatur seting Aplikasi broo, kayak bahasa, format kordinat dll, Untuk itu kita biarin secara defaul ajj y broo, setingan yang ini bisa diganti sesuai kebutuhan dan pemahaman bro-bro sekallian.

No 2. Itu ikon buat ngatur database broo, kayak data trip perjalanan yang pernah kita record, Import data trip dari temen, Export data kita juga bisa, Pilihan data trip kita dan Buat baru data Base trip kita broo.

No 3.Itu ikon Map Layers, disitu tempat kita  milih peta, peta Online, Peta simpenan kita, Atau peta yang kita buat sendiri broo.

 

No 4. Itu ikon untuk Men-Centerkan posisi kita melalui GPS, Merecord traking kita broo.

No 5. Itu ikon untuk mencari lokasi broo, bisa pakai kata kunci tempat ataupun pake kordinat broo.

No 6. Itu ikon pengaturan semua fungsi-fungsi diatas ada di ikon ini broo.

Cara Menyimpan Peta Offline di BackCountry Navigator
Salah satu keungulan Aplikasi ini yaitu bisa digunakan secara Offline, jadi kita tidak membutuhkan akses internet, tapi yang harus di ingat HP Android kita harus memiliki Komponen GPS yang Baik ya, agar Toleransi Akurasinya tidak Terlalu jauh. Langsung Aja ya
Pertama Klik Icon no 3 Akan Muncul Halan Layer Peta kita. Kita pilih ” Select Area for Download”
Kedua, Akan Muncul Halaman dimana kita harus Memblok Lokasi yang akan kita Download
Jika sudah Terblog kita pilih icon yang gambar Folder ada Panah Kebawah (icon Download)
Ketiga, Kita Pilih Metode Penyimpanannya Bro, disaranin sih pilih nomer 1 atau 2. no 1 itu untuk Menyimpan dengan Folder Baru, misalkan kita mau nyimpen Peta Gunung Rinjani, dan belum ada Foldernya kita pilih nomer 1. kalo yang nomer 2 itu di Folder yang sudah ada, misalkan lokasinya masi satu daerah pilih nomer satu. dan tingal Klik BEGIN DOWNLOAD. nantinya akan muncul kotak dialog Mengisikan Nama Map dan ukuran file yang akan kita download. tingal Next – next aja sampai Proses Download Selesai.

Cara Membuka Peta Offline yang Sudah Kita Download

Bersambung,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *