Fakta Seputar Pendingin Ruangan AC

Kali ini saya bakal nge-Share Fakta Seputar Pendingin Ruangan AC agar kita bisa Merawat Pendingin Ruanggan AC dan Mengoprasikan Secara Benar, karna banyak kesalahan yang kita lakukan terhadap yang namanya AC dari cara mengoprasikanya ataupun merawatnya.

Fakta Seputar Pendingin Ruangan AC diwoco.com

Kebetulan saya kemaren sempet jadi Teknisi AC di salah satu perusahaan di Lampung, Refrigrasi basa kerennya untuk unit pendingin besar bro. langsung ajaya gan kita masuk ke TKP.

1.   Pengaturan Suhu, Atur suhu Pada Suhu Nyaman Tubuh Manusia 24 – 28 Drajat Celcius, ada yang banyak salah dalam memahami dari tulisan yang tertera dari panel AC. Sebagian dari kita menurunkan suhu serendah-rendahnya supaya kita bisa memperoleh dingin dari udara yang disemburkan dari unit Ac tersebut.
Padahal suhu yang keluar dari unti AC itu sebenarnya tetap/konstan yaitu berkisar antara 16 – 18 drajat. dan yang tertera pada Panel AC itu sebenarnya adalah Batas Suhu Ruang yang Kita Inginkan. Jadi ketika kita menyeting suhu terlalu rendah itu akan berdampak terhadap umur AC, karena unit AC akan terus bekerja sampai Suhu ruang tersebut tercapai. bukan suhu yang Dingin yang di dapat kerusakan unit dan naiknya beban Tagihan Listrik yang bakal Kita dapat.
Lagi pula kita menggunakan Pendingin AC kan agar nyaman berada di dalam ruanggan, bukan menggigil kedingginan, kalo mau dingin masuk freezer aja, hehe. dan jika suhu diluar ruanggan panas, kita juga harus menyeting unit AC di kisaran Suhu 26 – 28 drajat C. Agar unit AC tidak mengalami OverLoud.

2.   Bersihkan Filter Udara secara rutin 1 minggu sekali. hal ini juga yang sering diabaikan oleh pemilik AC, padahal ketika filter udara itu bertumpuk kotoran, itu akan tumbuh jamur dan akan membuat bakteri berkembang di situ, sehingga udara yang kita hirup adalah udara yangtercemar oleh Bakteri dan Jamur. 
Jadi rajin-rajin lah membersihkan Filter Udara, karna salah satu tujuan kita membeli AC itu kan untuk mem-filter udara yang ada di ruangan dan memperoleh udara segar kan, bukan membuat udara kotor di ruanggan.
3.   Cuci unit AC bagian dalam dan Luar secara Rutin Setiap 3 Bulan 1 kali. Hal ini menjadi bagian yang penting untuk menjaga agar udara yang dihasilkan unit AC bersih bebas dari jamur ataupun Bakteri. dan hal ini juga akan membuat kerja AC Optimal. karena jika unit AC kotor, akan berpengaruh merusak dan membuat boros Listrik
dan Manfaat lainya adalah kita bisa lebih awal mengetahui jika terjadi kerusakan sehingga tidak membuat unit AC Rusak Parah baru di service. untuk ini kita memerlukan Teknisi Yang Baik dan Teliti.Kususnya kita bisa menghindari dari unit AC yang bocor, karna ketika bocor Gas Refrigan atau lebih di kenal Freon itu akan keluar dan mencemari udara, kan bahaya kalo di ruanggan kita ngisep tu Gas bro, ozon ajj bolong apalagi paru-paru dan mata bro, hehe.
4.   Matika AC Saat Menyapu dan Membersihkan Ruanggan, ini juga penting broo, kalo kita nyapu waktu AC idup pasti kotoranya ilang gak sampe ke buang, ya karna debu-debunya kehisap semua ke dalam AC dan itu Bahaya Buat kita. Bagusnya ya sebenernya pake Vakum Clener broo,…
5.   Ganti udara di Ruanggan dengan Udara Baru, dengan Cara membuka Jendela selama 15 -30 Menit, ini penting broo,… biar virus keluar, Oxigen bertambah dan  yang pasti intinya udara fress lagi broo..

6.   Cegah Sinar Matahari Masuk Kedalam Ruanggan. Buat sedikit Fentilasi atau esospen, Matikan Jika tidak diGunakan.
Sekian bro hal yang bisa kamu lakuin Biar AC kamu Awet dan Kitapun Sehat plus nyaman.
Terimakasih,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *