Cara Praktis Merawat Anak Ayam Dengan Benar

Merawat DOC diwoco.comPerawatan Anak Ayam, dibawah umur 14 hari merupakan saat paling rawan terhadap kematian.
Karena Anak ayam belum sepenuhnya tahan terhadap kondisi lingkungan sekitar apalagi terhadp penyakit. Maka dari itu perawatan yang tepat akan membuat angka ketahanan hidup DOC Ayam semakin tinggi dan menekan angka kematian DOC Ayam yang akan dapat merugikan Peternak.

Pada dasarnya perawatan terhadap jenis DOC ayam sama saja apakah itu Ayam Kampung, Ayam Boiler, Ayam Petelur yang pasti jika salah penanganan pada 14 hari pertama maka untuk waktu berikutnya akan sangat buruk terhadap perkembangan DOC Ayam tersebut. dan cara perawatan DOC Ayam yang Baik dan benar adalah Sebagai berikut.
1.  Tempatkan Anak Ayam ketempat yang berupa BOX tertutup dengan diberikan alas kertas koran setidaknya 3-5 lapis, ini penting karna jika kertas koran sudah kotor atau basah dapat segera diganti agar kandang tidak lembab dan membuat Anak Ayam merasakan kedinginan.

2.  Pengaturan Sirkulasi udara, halini sangat penting untuk menjaga suhu kandang maupun untuk mengeluarkan gas-gas beracun berupa Carbondioksida maupun amonia yang keluar dari kotoran ayam yang dapat berakibat buruk untuk ayam itu sendiri. Untuk Mingu I Kandang Box kita tutup rapat, Minggu ke II Bagian atas kita buka 1/3 bagian atas, selanjutnya pada minggu ke III dibuka 2/3 dari bagian atas dan pada minggu ke IV bagian atas dapat kita buka semua.

3.  Berikan penghangatan dengan mengunakan lampu pijar. untuk umur 0-3 hari atur suhu pada 33-30 derajat celcius, untuk umur 3-6 hari suhu ditunkan pada 31-30 derajat selsius, untuk umur 7-14 suhu diturunkan pada 30-28 derajat selsius, sedangkan untuk umur 14-21 atur suhu hangat yaitu kisaran 28-26. Dan untuk umur diatas 21 hari anak ayam bisa dipindahkan dikandang yang lebih luas namun tetap diberi penghangat sampai umur 30 hari.

4.  Berikan Minum dikandang, usahakan pemberian minum dengan wadah yang benar dan jaga supaya air tidak membasahi lantai kandang BOX agar Anak ayam tidak sakit, dan Pemberian Air minum dapat dicampur kan dengan Vitamin yang dijual di pasaran.

5.  Pemberian makan dilakukan dengan cara, memberikan makan pada saat Anak Ayam merasa lapar, berikan sesering mungkin namun jangan sampai bersisa.

    Sekian uraiyan yang dapat saya sampaikan semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua terimakasih.

    One thought on “Cara Praktis Merawat Anak Ayam Dengan Benar

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *