Cara Praktis Merawat DOD Bebek yang Baru Menetas

9

Cara Merawat Anak Bebek diwoco.comDalam penanganan anak Bebek yang baru menetas atau serin di sebut DOD Bebek sagatlah perlu penanganan da perhatian ekstra, setidaknya hingga umur DOD mencapai 2 minggu. Karna jika kita salah menangani saja akan berakibat kematian.

ada beberapa faktor y
ang dapat menyebabkan DOD Bebek mengalami kematian yaitu

Suhu Ruang Kandang yang Dingin, Menjadi faktor utama yang dapat membuat DOD Unggas mati, termasuk Anak Bebek. Tanda-tanda anak Bebek yang merasakan kedinginan adalah biasanya anak Bebek berkumpul menjadi satu dan bertumpuk-tumpuk, jika kita melihat tanda-tanda ini, segera kita harus menghangatkan ruangan kandang dengan Lampu Bohlam Pijar, yang di dekatkan ke anak Bebek atau dengan menambahkan jumlah Bohlam Lampunya.
Kandang yang Becek, karna anak Bebek suka main air, faktor satu ini bisa sanagt berbahaya karna anak bebek akan kedinginan atau mudah terjangkit penyakit, jadi kebersihan kandang harus terjaga.
Makanan Pur kususnya jangan sampai telat, minum juga penting, kalo 2 faktor ini kurang anak bebek akan mati, huduppun akan kuntet atau susah besar
Untuk Cara Praktis Penangan Anak Bebekanya bisa disimak di bawah ini,

1.  Anak Bebek berumur 0 – 7 Hari, ditempatkan di  kandang yang tertutup, bisa berupa BOX  seperti kardus yang tidak banyak berlubang. Atur suhu ruangan di kisaran 30 drajat Celcius, penghangatan dilakukan 24 jam non stop. sediakan airminum dan makanan secukupnya.
2.  Anak Bebek berumur 7 – 14 Hari, masi ditempatkan di kandang yang sama, Atur suhu 26 drajat Celcius, penghangatan dilakukan hanya dimalam hari saja. sediakan makanan yang cukup, agar gizi terpenuhi, dan sediakan minum yang cukup pula bisa ditambah dengan Vitamin. Namun perlu diperhatikan air jangan sampai membasahi lantai kandang karna bebek bisa kedinginan, ataupun terserang penyakit.
3. Anak Bebek berumur 14 – 30 Hari, pindahkan kekandang yang lebih besaran, Berikanlah penghangatan seperlunya ( jika udara dingin dan pada malam hari saja , suhu hangat saja). Pemberian makanan dan minum serta vitamin harus intensif, kara akan menentukan pertumbuhan anak bebek kedepanya, bila kurang gizi anak bebek akan kuntetan. Namun tetap diperhatikan juga lantai kandang Bebek jangan sampai becek, karna di usia segini anak bebek sudah senang bermain air di tempat minumnya.
4. Anak Bebek berumur diatas 30 Hari, pindahkan kekandang pembesaran atau bisa di umbar, difase ini kita bisa menyortir Anak Bebek untuk sesuai keperluannya, (Penggemukan, Petelor, atau di Jadikan Bibit). perawatan pun disesuaikan dengan kepentinganya. (yang pasti gizi bebek harus terpenuhi, dan jangan sampai kekurangan air).
demikian informasi yang dapat saya berikan, jika ada yang ditanyakan atau koreksi bisa berkomentar dikolom komentar terimakasih,
9 Comments
  1. Bambang says

    Gan Makanan Kering Itu sebaiknya diberikan sampai usia keberapa?

  2. Rozak says

    Gan, ciri-ciri anakan bebek yang baik itu gimana gan?

  3. Andy Ganang Pratama says

    Yang pasti makanan yng mengandung banyak protein kususnya, dan cukup serat''a,.
    bisa pake pakan alternayif kaya onggokyang di fermentasi, atau dengan ampas tahu juga bisa,.

  4. Andy Ganang Pratama says

    sampai umur sebulan gan,

  5. Pakar D O C says

    Tulisannya Bagus Om, kalo blog saya berisikan tentang Peternakan Anak Ayam siapa tahu berkenan mengunjunginya…

    Produktifitas Peternakan Anak Ayam

  6. mcu rasyidi says

    gk' saling menginjak itu dod nya gan??

  7. Abimayu Galang says

    Keren gan, bisa jadi bisnis jual mesin nih 😀

  8. Gan, kalau harga dod bebek peking berapa gan sampai di Jabotabek? Pingin jd penampung dod bebek peking. Atau kalau mau beli telor bebek peking buat bibit dod di mana ya Gan? jika berkenan mhn info ke 082110350157 atau hpjakarta@yahoo.com Dar

  9. […] Semoga artikel ini dapat bermanfat dan akan membatu pembaca dalam memulai Berternak Bebek. Baca : Cara Merawat Anak Bebek Yang Baru Menetas. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.