Cara Mengobati Kambing Sakit

Mengobati Kambing SakitUntuk Kesempatan Kali ini saya akan men-Share Cara Mengobati kambing Sakit Dengan Cara Tradisonal Ataupun dengan Cara Moderen.

Sebenarnya Mengobati kambing sakit bukanlah hal yng sulit hanya saja yang perlu kita lakukan adalah sabar, ulet dan teratur memberinya obat. Okeh langsung aja kita ke TKP.

1. Mengobati Kambing Kebung,
Kambing Kembung adalah penyakit yang sangat membunuh, dan bisa sangat berbahaya. maka dari itu ada baiknya kita mencegahnya denga cara

  1. Tidak Memberi Makan Daun Singkong yang masih segar,
  2. Tidak Memberi Makan Rumput yang Masih berembun,
  3. Tidak Memberimakan Rumput Segar yang Basah. Sebaiknya memberi makan kambing dengan rerumputan yang sudah melayu.
Untuk Cara Mengobatinya sebagai berikut.
  1. Jika muncul tanda – tanda Kembung, Biasanya perutnya Membesar dengan tidak normal karna berisi angin, kambing meringik kesakitan, wajah merunduk dan tidak mau makan.
  2. Ambil tindakan dengan memberi Obat dari toko, yang sudah banyak beredar, ( Obat Cekok). Bisa juga cekogkan Minyak Goreng, Kalau Kambing Hamil atau masih Kecil bisa menggunakan Air degan.
  3. Olesi Perut kambing sebelah kiri dengan Balsem, urut dari depan kebelakang sambil ditekan, agar Kambing buang gas, buang air kecil, atau berak.
  4. Pastikan Kambing Tetap berdiri, jika kambing tidak bisa berdiri, kita harus memaksanya,
  5. Sogok pantat kambing dengan batang pepaya jika sudah parah. Namun cara ini adalah cara terahir, sebelum memasukan batang pepaya, batang pepaya terlebih dahulu diolesi minyak goreng agar kambing tidak terluka.
cara- cara tersebut dilakukan sampai kambing buang gas, atau buang air, jika sudah maka biarkan kambing namun tetap awasi sampai 3 jam kedepan.
2. Mengobati Gudik pada kambing (scabies)
Penyakit kambing gudik pada kambing memeng bisa jadi momok dan menjadikan harga kambing sangat murah. maka kita dapat mencegahnya dengan menjaga kebersihan dan rajin menyemprotkan obat anti kuman pada kambing atau kandang seperti (Pastak).
Cara mengobatinya ada beberapa cara diantaranya:
  1. Pisahkan Kambing yang gudik dengan kambing yang sehat. Karna penyakit ini dapat menular dengan cepat keseluruh ternak, sebaiknya ternak yang sudah terinfeksi dipisahkan dari ternak lainya untuk dilakukan perawatan sampai sembuh dahulu.
  2. Untuk obat tradisonal dapat dengan mengunakan. Campurkan Oli bekas dan Obat pastak (obat serangga) 5 : 1 pada bagian kulit yang mengalami gudikan pada pagi hari. Lakukan Hal itu sampai Kambing Sembuh, Biasnayya setelah 1 minggu kulit gudiknya akan rontok dan kambing kembali bersih.
  3. Bisa juga dengan menyuntikan Obat gudik seperti (wormmechin) dengan menyuntikannya di bawah kulit diatas daging, cara ini lebih ampuh dan cepat.
3. Mengobati Kambing Diare
Untuk mencegah penyakit diare, yaitu dengan cara menghindari makana yang terlalu basah atau yang banyak mangandung  banyak air. Jika sudah diare ada beberapa obat,
  1. Beri Makan daun jambu biji, ini akan mebantu meredakan diare
  2. Memberi makan daun pisang,
  3. Dengan cara menyuntikan obat antibiotik pada kambing.
lakukan cara – cara diatas pasti kambing sakit Diare kita akan srgera sembuh.
4. Mengobati Kambing yang sakit mata.
Biasanya mata kambing akan memutih, dan terjadi pada kambing yang melakukan perjalanan jauh atau habis debeli dari pasar, cara mengobatinya mudah yaitu dengan cara.
  1. Pisahkan dengan kambing yang lainya karna penyakit ini menular.
  2. Beri obat mata (Teramizin) obat untuk mata manusia. Lakuakan 1 hari sekali secara teratur, dengan segera kambing akan sembuh dengan cepat.
Diatas adalah beberapa cara mengobati Kambing yang sakit, semoga cara-cara diatas dapat membantu menyembuhkan Kambing sodara dengan segera dan cepat, terimakasih telah menyimak.

8 thoughts on “Cara Mengobati Kambing Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *