Daftar Peralatan Pendakian dan Kegunaanya

http://2.bp.blogspot.com/-m3t7Rj-uDrg/T2GbCVVVlTI/AAAAAAAAAEw/vTCk_hzP9rE/s320/pakaian.jpegKegaiatan Alam Bebas kini semakin banyak digemari oleh masarakat luas kususnya remaja, selain kegiatan ini bersifat positif unutk melatih ketanguhan Mental, dan Fisik, kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama dan Lingkungan.
Namun untuk melakukan kegiatan ini,kita juga pelu melakukan Persiapan, agar kegiatan yang akan kita lakukan berjalan lancar dan tidak terjadi halyang tidak diinginkan. persiapan yang Sangat penting selain Persiapan Fisik Sebelum Mendaki, Peralatan Pendakian pun menjadi tidak kalah pentingnya. disini saya akan berbagi dan menulis tentang Daftar Peralatan Pendakian dan Kegunaanya, tanpa terlalu panjang membuka mari kita simak,
Ada dua jenis perlengkapan yang mesti kitappersiapkan dalam pendakian yaitu:
1. Peralatan Tim
Peralatan Tim ini peralatan yang harus ada dalam satu Kelompok Pendaki dan jangan sampai ada yang terlewatkan karna peranannya yanng sangat penting. peralatanya sebagai berikut:
P3K, ini yang harus pertma kali di persiapkan dan ahrus ada, sebelum melakukan kegiatan di alam bebas.

Cariel / Ransel, Peralatan yang satu ini menjadi yang tidak dapat di lupakan dan menjadi komponen yang sangat penting karna Cariel ini yang akan kita gunakan untuk membawa peralatan serta bekal kita selama berada di alam bebas. Sesuaikan kebutuhan Cariel anda, pastikan kondisi Cariel anda layak untuk di ajak berpetualang, ada sedikit saran untuk memilih Cariel yang bentuknya Meninggi dan tidak melebar, karna akan lebih terasa ringan saat kita bawa.  
Dome/Tenda, Kalau yang satu ini alat yang bakal kita gunain buat berteduh, dan menjadi Peralatan yang Sangat Penting ketika medan yang kita hadapi itu dapat di bilang sulit, seperti Berangin Kencang, Curah Hujan yang tinggi, dan Huajn Es. Jadi untuk yang satu ini perlu di cermati juga, agar tidak terjadi halyang buruk, pastikan Dome dalam kondisi baik, dan sesuai dengan medan yang akan kita tempuh, masak ia kita bakal basah – basahan karna tenda yang kita bawa bocor atau terbang tidak kokoh terhempas tiupan angin.
Matras/Alas, Matras ini jangan sampai ketinggalan, matras ini biasanya digunakan juga sebagai pelapis sisi dalam Caaril sebelum menyusun barang agar Cariel kokoh. dan Matras ini pun sangat penting karna perananya yang sangat kita butuhkan sebagai alas Duduk, Tidur, agar kita tidak kotor dan contak lansung dengan Tanah.
Nesting/Trangia, Alat ini adalah alat yang bakal kita gunakan untuk memasak, bedanya Nesting dengan trangia yaitu Nesting bisa kita gunakan juga sebagai penyimpan peralatan seprti mneyimpan beras, sedangkan Trangia adalah 1 set peralatan masak, jadi sudah ada Panci, Wajan, Ceret, dan kompornya, dan lebih terlihat lengkap dan mewah dibandingkan Nesting.

Termontina/Golok Tebas, Termontina ini digunakan untuk kondisi yang membutuhkan ya sobat, jangan digunain buat asal tebas – tebas tanaman Selain berfungsi sebagai Alat Pelindung dari Hewan, lat ini juga dapat kita gunakan untuk mneyingkirkan penghalang seperti pohon tumbang ataupun untuk mencari kayu bakaar (disarankan kayu yang sudah mati).

Head Lamp/Senter, Untuk dapat melakukan kegiatan dimallam hari Head Lamp jangan sampai tertinggal ya sob, karna bisa fatal akibatnya.
Korek Kayu, Mengapa korek kayu, agar jika dalam kondisi tertentu seperti terjebur ke sungai korek kayu ini masi dapat kita kering kan unutk selanjutnya dapat kita gunakan kembali dan simpan yang satu ini dengan aman karna menjadi salah satu alat yang fital.
Pusau Lipat, untuk keperluan kecil seprti mempersiapkan makanan yang satu ini cukup penting. dan disarankan mencari yang multi fungsi.
TrasBag/Kantung Plastik Besar, TrasBag sangat penting unutk melindungi isi peralatan Caril kita dari hujan juga dapat digunakan sebagai tempat Sampah.
Rain Cover/Pelindung Ransel, agar Caril kita tidak basah terkena hujan kita harus menggunakan Rain Cover ini. karna Caril yang basah akan menjadi yang sangat berat


2. Peralatan Pribadi
Peralatan yang satu in, adalah peralatan yang harus disiapkan oleh individu pendaki, karna harus sesuai dengan kondisi tubuh. Peralatanya sebagai berikut
Sleeping Bad, Kantung tidur ini jangan sampai terlupakan sobat, apa lagi jika kita akan menempuh medan dengan kondisi udara yang dingin. Karna Sleping Bad ini sangat penting sebagai alat yang memberikan kenyaman ketika tidur, serta berperan untuk mencegah kedinginan.
RainCoat/Jas Hujan, Yang satu ini jangan ketinggalan ya sob, kalo kita melakukan kegiatan pada musim hujan, karna kondisi tubuh yang basah terkena hujan sangat rentan terhadap penyakit, dan drop fisik.
Jacket Hangat, Jacket ini sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan pendakian dan pilihlah jaket yang sesuai dengan karakter tubuh.
Tracking/Sepatu, Pilihan yang satu ini harus sesuai dang kuat agar ketika kita dalam kegiatan akan merasa nyaman.
Sandal Tracking, Sandal juga dibutuhkan ketika kita inign menjelajah namun Tracking kita sedan dalam keadaan yang tidak memungkinkan.
Ponco, Kuplok, Kacamata, Masker, Kalo bisa satu paket ini jagan sampai di lupanakan ya sob meski terlihat sebagai aksesoris saja namun ini sangat penting dan sangat berguna dalam suatu keadaa.
Cara Menyusun Barang di Cariel/Ransel juga sangat penting sob, Sekian Artikel yang saya tulis tentang
Daftar Peralatan Pendakian dan Kegunaanya. jika anda ingin membeli peralatan bisa anda membaca Tips Dalam Memilih Perlengkapan Pendakian.

One thought on “Daftar Peralatan Pendakian dan Kegunaanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *