Faktor Tidak di Kabulkannya Doa


Doa sesungguhnya memiliki peranan penting dalm mengarungi sebuah kehidupan. MENGAPA? Karena tidak satupun benda di atas permukaan bumi ini bergerak tanpa khendak dari Allah SWT. Tanpa kita sadari bahaw sesungguhnya kekuatan doa mencapai 70% dalam andilnya dalam setiap hajat dan kesuksean yang kita dapatkan.
Pada suatu hari Sayidina Ali Karamallahu Wajhah, berkhutbah dihadpan kaum Muslimin. Ketika beliau mengakhiri kutbahnya,tiba-tiba berdirilah seseorang di tengah jamaah sambil berkata,
“ Ya Amirul Mu’minin, mengapa doa kami tidak dijabah? Padahal Allah berfirman dalam Al Qur’an, “Ud’uuni astajiblakum”(berdoalah kepada-ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu). Sayidina Ali menjawab, “Sesungguhnya hatimu telah berkhianat kepada Allah dengan delapan hal yaitu:Engkau beriman kepada Allah, mengetahui Allah, tetapi tidak melaksanakan kewajibanmu kepada-Nya Maka, tidak ada manfatnya keimanan itu.
  1. Engkau mengatakan beriman kepada Rosul-Nya, tetapi engkau menentang sunahnya dan mematikan Syariatnya. Maka, apa lagi buah dari keiman itu.
  2. Engkau membaca Al Qur’an yang diturunkan melalui Rasul-Nya, tetapi tidak kau amalkan.
  3. Engaku berkata, “ Sami’na wa athatha’na (kami mendengar dan kami patuh), tetapi kau tentang ayat-ayat-Nya.
  4. Engkau menginginkan syurga, tetapi setiap waktu melakukan hal-hal yang dapat menjauhkan mu dari syurga. Maka, mana bukti keinginan mu itu?
  5. Setiap saat engkau merasakan kenikmatan yang Allah berikan kepadamu, tetapi tetap engkau tidak mensyukurinya.
  6. Allah memerintahkanmu agar memusuhi setan seraya berkata “ Sesungguhnya setan adalah musuh bagimu, Maka anggaplah ia musuh bagimu karena sesungguhnya setan-setan itu hanyalah mengajak golongan supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-menyala”.(QS AL Faathir [35] : 6). Tetapi engkau musuhi setan dan bersahabat dengannya.
  7. Engkau jadikan cacat ataun kejelekan orang lain dihadapan orang lain di depan mata, tetapi engkau sendiri yang lebih berhak di cela dari pada dia.
`
Nah bagaima doamu diterima, padhal engkau telah menutup seluruh pintu dan jalam doa tersebut. Bertaqwalah kepada Allah, Salihkan amalmu, bersihkan batinmu, dan lakukan amar ma’ruf nahi munkar. Nanti Allah akan menijabah doamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *