Pendakian Gunung Rajabasa Lampung 1

Kali ini saya akan membagi pengalaman saya serta teman – teman saya ketika melakukan Pendakian Gunung Rajabasa Lampung yang terletak di Kalianda, Lampung. Pada pendakian kali ini saya mendaki Gunung Rajabasa bersama dengan 3 rekan saya. Saya tinggal di Lampung Tenggah, jadi saya berangkat dari Ruma sekitar pukul 16.00 menuju Bandar Lampung dimana teman-teman sudah menunggu, lama perjalanan dari Lampung Tenggah ke Bandar lampung sekitar 1.5 Jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sampai di kosan Teman sekitar pukul 17.30. setelah itu kami semua prepare segala macam kebutuhan dari Perlengkapan pribadi, Tim, dan Logistik.

Basecamp Pendakian Gunung Rajabasa Lampung diwoco.com

Peta Menuju Basecamp Pendakian Gunung Rajabasa LampungSekitar pukul 19.00 kami mulai berangkat menuju Kalianda, perjalanan dari bandar lampung menuju kalianda sekitar 1.5 – 2 Jam tergantung kecepatan dan kondisi kemacetan jalan. Sesampainya di kota Kalianda Lampung kami ber-4 sempat binggung karena ini adalah pendakian pertama kami ke Gunung Rajabasa dan kami lakukan pada malam hari pula. Ahirnya dengan bantuan GPS pada SmartPhone Android, Peta Menuju kaki Gunung Rajabasa bisa dilihat di atas. Kami menggunakan Aplikasi GPS android Sygic. utnuk. kita orentasi medan dulu, dan yang membuat lebih bingung adalah karena pada saat saya dan teman-teman sampai di kalianda sedang Mati Lampu, kami Ress di mini market untuk membeli kebutuhan seperti Logistik dan apapun yang dirasa kurang sekaligus istirahat dan bertanya kepada masyarakat sekitar.
Dirasa semua sudah clear kami lanjutkan perjalanan dengan melihat petunjuk di GPS Android. oia saya mengunakan GPS-Offline agar ketika matilampu atau berada dilingkungan dengan kondisi sinyal lemah tidak mengalami masalah. Tujuan yang kami tuju adalah Desa Sumur Kumbang yaitu Rumah dari Bang Bule, POter Gunung Rajabasa.
Ketika sampai di Desa Sumur Kumbang kami sedikit bingung untuk menentukan arah dan mencari Rumah dari Bang Bule, karena matilampu kondisi di desa ini sangat gelap. Ahirnya kami menemukan dengan bertanya kepada warga sekitar yang kami temui. Ruma Base CAmp Bang Bule letaknya pas di depan Balaidesa dan di samping Masjid Al- Iklas Desa Sumur Kumbang.
Sampai di Ruma Bang Bule sekitar pukul 21.00 kami Rehat, untuk menjalkan Ibadah Shalat Isya dan  bertanya tentang kondisi Gunung Rajabasa dengan Teman-teman yang ada di Base Came Bang Bule. Dari informasi yang kami dapat ternyata ada 3 kelompok Pendaki yang sudah melakukan pendakian pada sore hari sekitar jam 16.00 dengan jumlah pendaki 20-30 pendaki.

Pendakian saat ini kami Ber-4 akan ditemani oleh seorang Lider dari Base Camp bangbule Reza namanya. Pendakian Malam ini kami mulai pukul 22.00 dengan rencana. Menuju Pos 1 untuk Camp malam ini dan melanjutkan perjalanan ke puuncak ke esokan paginya.

Record Perjalanan Menuju BaseCamp Kaki Gunug raja Basa.
Lampung Tengah – Bandar Lampung   1.5 Jam
Bandar Lampung – kalianda                 1.5 – 2 Jam

Keperluan tim yang Wajib diBawa.
1. Tenda capasitas 5 orang  1 Unit     4. Jerigen Air 5 Liter 1, Karna air terahir hanya ada di Pos 1
2. Golok Tebas                    1 Pcs      5. Logistik Secukupnya untuk 2 Hari
3. Pelengkapan masak        1 Set

Keperluan Pribadi yang Wajib diBawa.
1. Mental dan kebranian.           5. Senter/ Head Lamp ( Wajib)
2. Sikap Santun dan Ramah.      6. Caril atau tas Daypack (Wajib Sesuai Kemampuan)
3. Ilmu Mencintai Alam             7. Sandal/Sepatu (Jalanan Tanjakan Terjal)
4. Ilmu Pendakian                      8. Pakaian, Jaket dan SB (WAJIB)