Manfaat Wudhu Dalam Kehidupan dan Kesehatan

Dalam ajaran islam banyak hal-hal yang berkaitan dengan suatu ibadah yang terlihat sederhana dan mudah dilakukan namun memilki manfaat d

Manfaat Wudhu untuk kesehatan

an hasiat yang luar biasa bagi kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun rohani, contohnya adalah Wudhu.

Wudhu adalah salah satu syariat islam. Allah SWT memerintahkan umay islam untuk membersihkan diri atau berwudhu sebelum mendirikan shalat lima waktu. (QS Al-Maidah ayat 6). Wudhu juga merupan salah satu syarat diterimanya shalat oleh Allah SWT, namun terkadang ada sebagian umat islam yang memandangnya biasa aja. “Allah tidak akan menerima shalat seseorang diantara kamu, hingga dia berwudhu.”(HR.Bukhari Muslim).
Adapun khasiat atau manfaat dari membiasakan berwudhu sebagai berikut:
Kesehatan Rohani
Rosululloh SAW, pergi hijrah ke Madinah. Saya menemui beliau dan berkata: “Wahai Rasulluloh apakah engkau mengenal saya?”. Beliau bersabda: “Ya, bukankah kamu yang datang padaku di Mekah?. Saya berkata wahai Rosululloh ajarkan kepadaku apa yang Allah Ta’ala ajarkan kepadamu.”beliau bersabda: “apabila kamu telah shalat subuh maka berhentilah dari shalat sampai matahri terbit, dan apabila matahari terbit, jangan kamu mengerjakan shalat sampai matahari naik sebab pada saat itu, matahari terbit diantara dua tanduk setan dan ketika itu orang kafir sedang sujud kepadanya. Apabila matahari itu suah terbit kira-kira satu atau dua tombak maka shalatlah karena shalat pada saat itu di saksikan dan dihadiri malaikat sampai bayangan tombak persis dibawahnya (matahari tepat diatas kepala) maka berhentilah dari shalat karena saat itu neraka jahanam sedang menyala. apabila bayangan telah condong maka sesungguhnya shalat pada saat itu disaksikan dan dihadiri Malaikat sampai Shalat Ashar. Apabila kamu telah mengerjakan shalat ashar, maka berhentilah dari shalat sampai matahari terbenam, karena shalat pada saat itu matahari terbenam diantara dua tanduk setan dan pad saat itu orang-orang kafir sedang sujud kepadanya.
Saya berkata: “Wahai Nabiyullah beritahukanlah kepadaku tentang wudhu.”beliau bersabda : “Tiada salah seorang diantara kamu yang menyiapkan wudhu’nya kemudian ia berkumur, menghirup air kedalam hidung, dan mengeluarkannya melaikan dosa-dosa mulut dan hidung keluar bersama-sama dengan air ketika ia mengeluarkan air itu; kemudian  ia membasuh muka nya sebagai mana yang diperintahkan Allah SWT melaikan dosa-dosa yanh ada dimukanya keluar bersama tetesan-tetesan air; kemudian ia membasuh tangannya sampai kedua siku sebagaimana yang yang diperintahkankan Allah ta’ala melainkan dosa-dosa kedua tanganya keluar dari ujung-ujung jarinya bersama tetesan air yang terakhir; kemudian ia mengusap sebagaiman yang diperintahkan Allah ta’ala melaikan dosa-dosa keluar dari kepalanyadari ujung rambutnya bersama mengalirnya air; kemudian ia membasuh kedua te;lapak kakinya sampai mata kaki melainkan keluar semua dosanya dari ujung-ujung jari bersama dengan air; kemudian ia memuji serta mengagungkan Allah dengan pujian yang biasa ia ucapkan kemudian ia mengerjakan shalat dua raka’at melainkan ia terhindar dari dosa-dosa seperti pada saat ia dilahirkan oleh ibunya yang tiada memiliki dosa.
Wudhu untuk mengatasi rasa takut dan cemas
Wudhu juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa takut, cemas, atau mindeer, sebagaimana dikisahkan ketika Umar bin Al Khatab mengutus seseorang untuk sebuah keperluan kepada seseorang yang amat disegani. Maka utusan ini mengambil air wudhu dan ketika sudah berada didepan pintu orang yang hendak ditemui wajahnya sangat bersinar sehingga membuat para penjag terkesimak,”kamu sangat berwibawa.”padahal hati kecil utusan sangat ketar-ketir.apa yang bisa anda lakukan sehingga terlihat berwibawa. Utusan berkata Allah mengajarkan kepada nabi musa:
“Wahai Musa, jika kamu merasa takut kepada raja maka berwudhulah dan perintahkan kepada keluargamu untuk berwudhu karena siapa yang berwudhu ia berada dalam genggamanku terhadap yang ia takutkan”). Berarti benar apa yang yang kamu lakukan, sesungguhnya kami dihantui karena wibaawamu sehingga kami sekeluarga berwudhu sebelum membukakan pintu.
Wudhu sebelum Tidur
Rasululloh SAW bersabda: “barang siapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malikat itu akan berucap “Ya Allah ampunilah hambamu siFulan, karena ia tidur dalam keadaan selalu.”(HR ibnu Hibban dari ibnu Umar r.a)
Wudhu bagi Kesehatan
Sistem metabolisme manusia terhubung dengan jutaan saraf yang ujungnya tersebar disepanjang kulit. Guyuran air wudhu dalam konsep pengobatan modern adalah hidromassage alias pijat dengan memanfaatkan air  sebagai media penyembuhan. Membasuh area wajah misalnya misalnya, pijatan air akan memberi efek positif pada usus,ginjal, dan sistem saraf maupun reproduksi. Membasuh kaki kiri berefek positif pada kelenjat puituitari. Ditelinga terdapat titik biologis yang akan menurunkan tekanan darah dan mengurangi sakit.
Dari uraian tersebut dapat kita ambil intisarinya bahwasanya segala perintah Allah pasti akan dirasakan bagi yang melaksanalan perintahnya.wudhu dapat berkhasiat bagi kesehatan rohani yaitu kebersihan hati dari sifat-sifat yang tercela lagi kotor. Sedangkan dari segi kesehatan dapat tercegah dari berbagai penyakit. Menimbulkan percaya diri, tenang dan merendam amarah/emosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *