Pakan Alternatif Pengganti Rumput Untuk Ternak Kambing

Belakangan ini, banyak sekali informasi yang Bertebaran di Dunia Maya Tentang Pakan Alternatif Penganti Rumput. Ya dari Mulai Pakan Fermentasi dari Debog Pisang, Jerami, Onggok sampai Limbah Organik seperti Kulit Pisang ataupun Kulit singkong.Pakan Alternative Ternak Kambing

Pertanyaanya, Apakah Benar Pakan Alternatif Tersebut Benar-Benar Baik Buat Ternak?

Jawabanya, Bisa Baik Bisa Tidak. Tergantung Bahan Apa yang kita gunakan Untuk Pengganti Rumput. Dan pada dasarnya Rumput Tidak Bisa digantikan 100% dengan Pakan Penganti, ya tentu saja Karna Kodrat kambing itu Sendiri yang Merupakan Hewan Herbifora Tulen.

Banyak Peternak Mencoba Menganti Pakanya Secara Seratus Persen (Karna Malas merumput) Berakibat Buruk Ternaknya Kurus, Bahkan Sampai ada yang mati masal, Karna Tidak Membarikan Rumput dan Membarikan Pakan Alternatif Sembarangan.

Saya disini ingin Membagikan Pengalaman Saya Pribadi dalam Pengunaan Pakan Alternatif Terhadap Ternak Kambing

        Baca Juga : Cara Memelihara Kambing dengan Benar dan Baik

1. Pakan Alternatif Ampas Tahu. Untuk bahan yang satu ini dapat langsung diberikan tanpa Proses Fermentasi.

Baik digunakan untuk Pengemukan, Pertumbuhan Kambing Menjadi Lebih Cepat, namun Dalam Peng Aplikasianya harus di campurkan dengan Pakan Kosentrat (Pakan Pabrik) dan Tentu Saja Rumput (Jumlahnya Tidak Banyak).

Kira – kira Takaran Penyajianya 2 : 1 : 1 , yang Perlu di garis Bawahi adalah Pemberian Pakan Hijauan (Rumput) harus tetap di lakukan, karna Pada dasarnya Kambing adalah Hewan Pemakan Tumbuhan, Jadi Tentu tidak benar – benar bisa gantikan Pakanya dengan Pakan Alternatif.

Lalu Bagai Mana Kalo tidak di Beri Rumput, ya dari pengalaman saya tentu Pencernaanya Tidak Setabil, Bisa jadi jika Kambingya Tidak Cocok akan Diare. Jadi Fungsi Rumput disini untuk Mempermudah Proses Metabolisme.

Kurang Baik Untuk Peranakan, Jika untuk Kambing yang sedang Hamil, atau Menyusui, Penyajianya Kita Balik, 3 : 1 : 1, Kenapa? Karena kambing yang sedang hamil Membutuhkan Gizi yang Lebih Beragam dari tumbuhan (Sesuai Kodratnya). Karena Ampas Tahu Berfokus Pada Nilai Protein yang Tinggi, Padahal Proses Perkembangan Janin ataupun Pembentukan Susu Membutuhkan Gizi yang Lebih Beragam dan Komplek (tidak hanya Protein).

 

2. Pakan Alternatif Ongok Singkong. Untuk Pakan yang Satu ini Perlu Proses Ferementasi yang Rumit, Kenapa, Karna Pada Dasarnya Ongok tidak Cukup Baik untuk dijadikan Pakan Ternak. Banyak Kandungan Berbahanya Seperti Racun Sianida. Karna Pasti Dalam Proses di Pabrik Singkong di BEri Macam-Macam Zat Kimia. Dan di tambah lagi Ongok Singkong Tidak Memiliki Nilai Protein yang Tingi.

Untuk Proses Fermentasinya Bisa Kita Campurkan, Seperti Bekatul, Jagung, Kosentrat, Atau Bahan-Bahan Penunjang yang memiliki Nilai Protein yang tinggi. Dan Tentu saja di Butuhkan bakteri Pengurai seperti EM4 (Beli yang Kusus untuk Peternakan ya).

Baik digunakan untuk Pengemukan, Efeknya Cukup Baik untuk Pengemukan, Tapi Tidak semua Kambing Cocok, ada Beberapa Kambing di Kandang yang Diare, Biasanya Kambing Kacang Tidak Begitu Baik jika Mengonsumsi Pakan Ongok, Jadi di Sarankan Kambing Jenis Rambon. Dalam Pengunaanya Pun Tetap Harus di Dampingi Dengan Pakan Pabrik (Konsentrat dan Juga Rumput/Hijauan).

Tidak Baik Untuk Peranakan, Bisa dibilang Pakan Ongok tidak di Rekomendasikan untuk di BErikan Terhadap Kambing Hamil dan Juga Menyusui, Biasanya kalo Kambing Hamil anaknya Cuma 1. Kalo Sedang Menyusui Bisa tidak Keluar Air susunya, Sehinga Naknya Keriting (Kecentet Susah Besar).

 

Namun Jika Kondisi Kemarau, Ongok tetap bisa digunakan untuk Menghemat Pakan Hijauan yang tentu saja Sulit, Dengan Memberikan 1/2 Kg Setiap Pemberian Pakan (Untuk Mengenyangkan Saja).

 

3. Pakan Alternatif Kulit Nanas. Untuk Pakan yang satu ini Tidak Cukup Baik untuk Kambing. Karna di Lingkungan sini ada Pabrik Nanas jadi Saya Pernah Mencobanya. Efeknya Bisa Buruk untuk Kambing Jika kita memberikannya terlalu Banyak. Mungkin karna Seratnya Terlalu Kasar.

Namun Untuk Pakan Sapi ini Cukup Joos. Karna Peternak Sapi disini Mengunakan Pakan Kulit Nanas pada Umumnya.

 

4. Pakan Alternatif Jerami Padi. Untuk yang Satu ini pun sama seperti Kulit Nanas. Tidak Cocok Untuk Kmabing. Karna Seratnya Kasar dan Cocok untuk Hewan yang Lebih Besar seperti Sapi dan Kerbau.

 

5. Pakan Alternatif Daun Singkong. Untuk yang Satu ini Baik digunakan untuk Pengemukan ataupun Peranakan. Namun dalam Pemberianya Harus hati-hati, karna Singkong Racun (Bukan Jenis Singkong Konsumsi) ada kandungan Racunya.

Cara Penyajianya yaitu, harus di Jemur selama Sehari sampai Layu. Atau di Simpan Terlebih dahulu di silase sampai Menguning (Gas dan Kandungan Racunya Menguap Keluar). Jika Kita Berikan Secara Langsung (Masi Segar) Kambing Kita Bisa Mendadak Mati (Keracunan).

Demikian Beberapa Pakan Alternatif yang Pernah saya Coba Aplikasikan beserta efeknya terhadap Tenak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *