Pendakian Gunung Rajabasa Lampung 2

Gunung Rajabasa Lampung diwoco.comPendakian dari Base Camp Ruma Bang Bule dimulai pukul 22.00 dengan anggota pendakian menjadi 5 orang. jalanan menuju ke Pos 1 ini kebanyakan sudah di beton dengan kondisi terus menanjak.
Awal pendakian kami melewati jalan setapak tanah kemudian dilanjutkan menapaki jalan setapakyang sudah dibeton. selama perjalanan kami menggunakan GPS Android untuk merecord trak, dan melihat jalur dengan perbandingan tracer yang kami dapat dari teman.
Aplikasi yang kami gunakan untuk mendaki adalah BackCountry yang merupakan GPS offline juga.
Jalur Pendakian Gunung Rajabasa Lampung diwoco.comPerjalanan menuju pos 1 sudah lumayan menguras energi, selama perjalanan kami banyak berbincang bincang untuk melupakan kalao jalan nanjak sambil bawa tas gunung itu capek, hehe, dan sambil berjalan tidak lupa kawan-kawan yang merokok pun merokok, heehe, adu kuat mendaki sambil meroko, tapi buat yang belum pernah dan belum terbiasa sebaiknya hindari hal ini karna dapat berbahaya bagi tubuh, bisa-bisa kita pingsan karna kekuranggan Oxsigen.

Pendakian Gunung rajabasa termasuk berat dengan jarang sekali Trek datarnya, disarankan jika pendakian pertama untuk olahraga sebelum mendaki dan disarankan untuk mendaki dengan orang yang sudah sering Naik Gunung untuk dapat menjaga semangat pendaki amatir jika Droop Mental. 
Dalam pendakian ini kami ber-4 membawa 2 Tas Gunung / caril. pertama Danurwenda dan Baja yang membawa. kira 1 Jam perjalanan Danur mengalami sesak napas, karna doi punya riwayat Asma, kami ress untuk menyetabilkan nafas dan Pembawa Carill digantikan oleh Sanjaya.
Selama Ress kami banyak bercanda dan berbincang. ada satu pengalaman yaitu ketika Danurwenda berkata “Masih Ada Babi Gak ya disini”, dan disahut langsung oleh si Reza “itu babinya”, hehe sembari menunjuk ke arah semak belukar, itu alasan mengapa digunung kita dituntut untuk tidak berbicara yang aneh-aneh karna apapun bisa terjadi.
lalu kami lanjutkan perjalanan 20 menit kemudian si Baja juga sudah kelelahan, Carill saya bawa dan melanjutkan perjalanan, sampai di jalur bebatuan dan tanah , disini kami sudah mau sampai di Post 1,
Jalan lumayan terjal, malam hari membuat kami tidak mempedulikan kontur jalan yang terjal jadi ya hajar-hajar penuh semangat aja, dan ahirnya sampai di sungai yaitu sumber air di post satu dan kami Sampai di Pos 1. kami sampai di Post 1 sekitar jam 00.00. langsung dirikan Tenda, Berberes, Orientasi Medan  sembari cari kayu bakar dan buat api (ini wajib digunung), dilanjutkna memasak air utnuk kopi dan susu, tak lupa masak untuk makan malam. dilanjutkan dengan sesi berbincang rokokan santai ngupi dan berbincang tema Serius yang dibuat bercanda. dan 3 teman tidur Pukul 03.00 dini hari didalam Tenda. Saya dan Reza tidur diluar yang pasti wajib pake Sliping Bag.
Pagi tiba kami menjalankan Ibadah Shalat Subuh langsung masak air buat susu, masak nasi dan sayur sambil bercerita tentang keluhan dengan nada puitis haha. hingga ahirnya pada pukul 08.00 kami melanjutkan perjalanan menuju puncak, untuk kepuncak si Reza tidak ikut mengantar, jadi kita jalani Ber -4.
Perjalanan menuju Puncak dapat ditempuh selama 4-6 Jam, namun utuk kali ini kami tempuh dalam waktu 3 Jam. sejak awal perjalana kami sudah disuguhkan oleh trak menanjak yang curam dan terjal, namun pemandanggan disekeliling bisa menghilangkan semua rasa lelah. sekitar 30 menit kami berjalan kami sampai dipitu rimba. digunung rajabasa ini yang terlihat jelas hanya Pos 1 dan Puncak, sedangkan Pintu Rimba, Pos 2- 4 itu tidak ada tanda kusus seperti diGunung lainnya, tanda Pos biasanya adalah ruang datar yang sedikit terbuka.

Sekitar 2 jam perjalanan atau sampai di sekitar pos 3 kami sudah mulai disuguhkan dengan pemandanggan yang indah, walaupun tenaga sudah berasa mau habis, jalan menuju puncak dari sini lebih sulit algi karna terlalu curam dan licin. saranya untuk pendakianyang dilakukan pada musim hujan utnuk dapat mempersiapkan semuanya lebuh matang karna jalur yang terjal ini. Dan dimusim kemarau hewan Pacet alhamdulilah tidak kami temukan. jadi pendakian kaliini kami merasa nyaman.

Jalan menuju puncak raja basa diwoco.com

Selama perjalanan ini kami bertemu dengan kelompok berburu Babi yang berjumlah 5 orang dengan membawa Anjing-anjing berburu yang berjumlah banyak. dan ketika kami akan menuju puncak akmi bertemu dengan rombongan Pencinta Alam Kalianda yang jumlahnya banyak, mereka melakukan perjalanan turun. dan sekitar 30 menit mau sampai puncak kami bertemu juga dari rombongan Pencinta Alam Pakis Unila yang turun juga.  oia kami lupa mengenalkan diri  ya… hehe,.. Kami adalah Kelompok Mahasiswa Pencinta Alam dari Perguruan Tinggi  Teknokrat Bandar Lampung. Nama Organisasinya MAPALA Sharpa Kenaka.

Ahirnya kami smapai di jalanan yang datar menunjukan akan segera sampai puncak, dan disebelah kiri nampak lembahan menuju Watu Cukup, Tapi watu Cukup tidak menjadi salah satu tujuan kami, hehe, menghargai kearifan lokal, soalnya itu tempat yang dikeramatkan di Gunung Rajabasa ini.

Kami ahirnya sampai di Puncak Gunung Rajabasa dengan waktu tempuh 3 Jam, dna kami bertemu dengan rombongan yang msi banyak jumlahnya, dari Bandarlampung dan Kalianda, freeline agaknya.

Puncak Gunung Rajabasa Lampung diwoco.com

Sesi foto-foto dan minum coffe serta makan siang digelar, tidak lupa Tayamum dan menjalankan Ibadah Shalat Zuhur juga. dan kami turun 1 jam kemudian. Pemandanggan di puncak gunung Rajabasa ini indah, dengan view laut. namun kali ini viewnya sedikit takterlihat jelas apalagi saat difoto, namun pendakian tetap indah. utnuk Tulisan RajaBasa itu kami dapat minjem hehe, yang penting exsis.

Ahirnya setelah puas menikmati Bonus Berupa Pemandanggan di puncak kami keluarkan senjata kami yaitu TrasBag, Atau kantong Plastik Hitam besar untuk apa? ya untuk Bersih – Bersih Gunung, tapi yang ini tidak sempat difoto padahal ini Puncak klimak indahnya dalam Pendakian Gunung. Makanya buta para pendaki jangan buang sampah sembaranggan yah.. hee,… telen ajj sampahnya kalo gak mau bawa pulang haha. biar tetap Lestari.

Perjalanan Turun Gunung biasanya akan lebih cepat, benar saja utnuk turun kami bisa tempuh dengan waktu 2 jam kurang untuk sampai di pos 1. Wal;au dengan agak malas kami turun pelan-pelan dengan penuh canda tawaa, walaupun Batre Hp Abis dan gak Bisa Foto-foto, itukan bonus jadi harus tetep bisa nikmati indahnya perjalanan. ya gak.

Sampai di Pos 1 kami bertemu dengan semua rombongan yang turun tadi kami keluakan semua sampah dan kami Serahkan kepada Reza atau Ustad nama lapanganya, itu sampah seplastik besar utnk dimusnahkna. Kami Prepar rapihkan semua sebelumnya kita juga Shalat Asar. dan selanjutnya kita turun untuk ke Basecamp Bangbule, bersama kelompok lainya, lama banget tapi perjalanan kali ini karna nemenin dan nyantai, hehe,…. Naik Gunung itu capek ya broo, jangan coba Makanya….

Sampai di ruma Bang Bule kmai prepare dan tin-tin-tin,.. klakson tanda kami pamit sebelumnya y salaman gaya anak Mapala. hehe,…Tapi gak langsung menuju Bandar Lampung ini, tapi kami ke pantai Laguna dulu, indah liat senja yang datang bro,….

Pantai Laguna Lampung diwoco.com

Setelah Foto, itu foto menghadap ke Gunung Rajabasa, kearah kallo kearah Pantai Bisa liat Sunset. lalu kamu ke Alun-alun kota buat ngisi perut dan goes to Bandar Lampung, Perjalanan kali ini emang menyenangkan Kami ber-4 Puas dan Gembira. hehe…

SALAM LESTARI…..

Untuk info menuju kaki Gunung Rajabasa dan Akses menuju Base Camp Pendakian dengan Peta Baca  Pendakian Gunung Rajabasa Lampung 1,  Ini lanjutan yang pertama soalnya Bro,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *