Teknik Tepat Membaca Jalur Panjat Pada Kopetisi Panjat Tebing / Dinding

Kita ketahui bahwa kopetisi panjat tebing kini sudah menjadi hal yang tidak asing lagi di halayak umum, serta kopetisi demi kopetisi sering di selenggarakan dari tingkat Profinsi hinga tingkat Nasional maupun tingkatan yang lebih tinggi dan menantang, untuk itu disini akan di jelaskan tips dalam Membaca Jalur Panjat dalam Kopetisi Panjat Tebing.
1.  Dalam Kopetisi Panjat Tebing, biasanya Orientasi Jalur atau pengamatan jalur hanya di beri waktu 6 menit, tentu merupakan waktu yang sangat singkat dan mengitimidasi kita. dan dapat menggangu kondisi pemanjat, bahkan satu kondisi dapat membuat pemanjat stres atau tegang.

2.  Ketika kita berada didepan papan panjat, kondisikan tubuh kita senyaman mungkin dan rileks, amati Papan Panjat dan Poin – Poin-nya dengan seksama. Dengarkan peraturan yang disampaikan oleh panitia kopetisi dengan sesama dan resapi. Kondisi yang lebih penting yaitu janganlah Terprofokasi oleh jalur. Posisikan diri kita untuk terus berfikir Positif, hindarkan pemikiran seperti anggapan bahwa jalur yang akan kita panjat sulit, menyeramkan, menakutkan, atau mustahil untuk di panjat. Yakin bahwa jalur yang dibuat itu pasti dapat dipanjat, setidaknya mendekati Top atau puncak. dan hindari untuk menyombongkan diri bahwa jalur yang akan kita panjat itu mudah, karna hal seperti ini yang biasanya dapat menjatuhkan pemanjat.
3.  Dalam mengamati jalur, coba kondisikan bahwa kita seakan-akan berada di papan panjat dan sedang melakukan pemanjatan, tetaplah konsentrasi untuk mengingat kondisi jalur dan arah serta teknik yang akan kita gunakan karna waktu yang sangat singkat maka jangan menyia-nyiakan -nya. Selanjutnya barulah kita fikirkan untuk strategi yang lebih efisien. Sehingga dapat memanjat dengan tingkat kesalahan yang minim.
4.  Untuk lebih detailnya, cobalah kondisikan bahwa tangan-tangan kita sedang memegang poit-point yang sedang berada pada papan panjat, selanjutnya tentukan point petama yang akan kita panjatkemudikan kita akan naik dan tentukan pula point-point selajutny yang akan kita gunakan. Bayangkan dan gambarkan dalam fikiran kita bentuk point, bagaimana cara memegang, hingga bentuk tubuh kita. bila anda menemui kebuntuan coba untuk mengubah cara memegang point maupun point mana yang akan kita pegang hinga masalah pada titik tersebut dapat ada lewati.
5.  Dalam satu kondisi bisa saja kita menemui kodisi kebuntun, cobalah untuk melihat keseluruhan dari sekitar titik kesulitan tersebut, biasanya kita melupakan bahwa satu poit dapat kita gunakan untuk lebih dari satu kondisi. dan pada kondisilain kita sering melupakan, bahwa kita harus turun satu ppoint dan barulah kita dapat pijakan untuk melangkah kepoint yang lebih tinggi berikutnya, adapula kondisi dimana kita harus menukar point yang ktia pegang atau kita pijak agar dapat melanjutkan dan menambah ketinggian. dan selalulah berkosentrasi.
6.   Biasanya kita juga sering mengabaikan atau melewati point tertentu yang terlihat tidak penting atau tidak dapat digunakan, padahal point tersebut merupakan point penting yang dapat kita gunakan untuk dapat menambah ketinggian. dan bila kita sudah benar-benar kesulitan utntuk emecahkan di suatu titik, jangan kita terfokus hanya pada masalah tersebut, karna  ingat waktu kita sangat singkat, lanjutkan pengamatan dan kita dapat kembali mengamatinya nanti.

7.  Dalam pengamatan ini juga kita tidak boleh melewatkan untuk melihat satu point pun terutama pada ujung-ujung papan, karna biasanya pembuat jalur tidak akan membuang-buang waktu untuk memasang pont yang tidak penting. 
8.  Dantidak lupa kita tentukan point istirahat pada ketinggian tertentu, agar stamina kita yang biasanya mulai habis pada ketinggian tertentu dapat pulih dan dapat sam pai puncak atau Top.
9.   Ketika telah selesai mengamati, dan masi ada waktu coba untuk mengingat nya secara keseluruhan dari bawah hingga kita sampai pada Top.
10.  Ketika kita berada di karantina, sebisa mungkin kita saling bertukar pengalaman dan cerita pada peserta yang lain dan jangansegan-segan untuk menanyakan pada mereka cara melewati point yaang memang benar-benar tidak kita ketahui,…

semoga artikel ini dapat bermanfaat dan anda dapat melewati dan sukses dalam kopetisi dan menjadi juara dan pemenang dengan kemampuan terbaik.

SALAM LESTARI….

*dari berbagai sumber

2 Replies to “Teknik Tepat Membaca Jalur Panjat Pada Kopetisi Panjat Tebing / Dinding”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *